5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu


Wawancara kerja masih menjadi hal yang ditakuti para pencari kerja, terlebih bagi mereka para lulusan baru . Dibutuhkan cara wawancara kerja yang jitu agar memikat hati HRD dan diterima kerja di perusahaan yang kita impikan.
Perasaan gugup dan cemas saat wawancara dengan HRD perusahaan tentu tidak bisa dihindari. Bahkan tidak jarang, perasaan gugup tersebut membuat Anda jadi tidak fokus menjawab pertanyaan dan tidak memberikan performa yang maksimal.
Agar hal itu tak terjadi, berikut tips wawancara kerja yang bisa Anda praktikkan.

1. Cari Tahu Tentang Profil Perusahaan yang Dilamar
Sebelum interview, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang Anda lamar. Selanjutnya, cari tahu juga tentang posisi pekerjaan yang Anda lamar.
HRD akan menanyakan tentang posisi pekerjaan dan profil perusahaan untuk mencari tahu sejauh apa Anda memahami posisi tersebut dan seberapa siap atau seberapa ahli Anda di bidang itu.

2. Pastikan untuk Selalu Komunikatif dengan Interviewer
Para HRD akan lebih tertarik dengan jawaban-jawaban yang apa adanya dan kejujuran Anda. Jangan hanya menjawab ya atau tidak. Sebab, terkadang pertanyaan HRD adalah pertanyaan jebakan agar Anda lebih banyak menceritakan tentang pengalaman, atau kepribadian Anda yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

3. Tanyakan Hal-hal yang Berkaitan dengan Lowongan Pekerjaan
Jangan takut untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan lowongan pekerjaaan. Hal ini akan memperlihatkan seberapa tertarik dan antusias Anda dengan pekerjaan tersebut. Sehingga HRD pun akan merasa senang apabila menemukan kandidat yang memiliki keinginan dan minat besar terhadap posisi yang dilamar.

4. Ceritakan tentang Pengalaman yang Berhubungan dengan Posisi yang Dilamar
Sebagian pekerjaan membutuhkan pengalaman yang sesuai posisi yang dilamar. Jika Anda memiliki pengalaman bekerja yang membutuhkan kemampual serupa, maka ceritakanlah pengalaman tersebut. Hal ini akan jadi nilai plus untuk Anda.

5. Jangan Takut Gagal
Setiap orang dilahirkan dengan keunikan-keunikan yang berbeda. Apabila ternyata wawancara kerja Anda gagal, tak perlu merasa putus asa. Sebab, mungkin memang kemampuan dan keunikan yang Anda miliki belum cocok dan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Berikut adalah lima tips wawancara jitu untuk para pencari kerja agar memikat HRD.